Breaking News

Kegiatan Musrenbangdes Dalam Rangka Penetapan Skala Prioritas RKPDES TA 2024 Desa Jugalajaya


BOGOR, NUSANTARA ONE NEWS

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau yang lebih dikenal dengan istilah Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP-Desa) tahun anggaran yang direncanakan.

Musrenbang Desa dilaksanakan di Aula Kantor Desa Jugalajaya, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, pada Selasa (19/09/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut, DPMD Kabupaten Bogor, Kepala Desa, Ketua BPD, Kadus, RT RW, Bhabinsa, PLD Kecamatan dan Desa dan stakeholder yang ada di Desa Jugalajaya

Kepala Desa Jugalajaya Hanipah menyampaikan dalam sambutannya untuk musrenbangdes di tahun 2022 sudah di realisasikan di tahun 2023, ada beberapa yang belum di realisasikan.

"hasil musrenbangdes tahun 2022, Alhamdulilah di tahun sekarang kita sudah merealisasikan jalan betonisasi lanjutan, sekarang lagi tahap finishing sambil menunggu anggaran tahap berikutnya," ujar Jaro Cekim sapaan akrabnya Hanipah

Pria yang akrab di sapa Jaro Cekim pun mengatakan, "dan yang belum di laksanakan tahun sekarang, akan jadi skala prioritas di tahun yang akan datang, setelah hasil musrenbangdes tahun 2023," jelasnya

Dengan mengacu pada RPJM Desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa. 

Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara menggali potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

Redaksi

© Copyright 2022 - rameranews.com